Wednesday, October 27, 2010

Mitos Tali Atau Benang Hitam Melingkari Perut

Posted by Bunda Heidar | Wednesday, October 27, 2010 | Category: |

Mitos: Memakai tali atau benang berwarna hitam melingkari perut di atas rahim agar letak janin dalam kandungan tidak naik lagi dan proses persalinan bisa berjalan lancar.

Belum ada bukti yang membenarkan mitos ini. Faktor yang mempengaruhi letak janin adalah ukuran rahim, usia kehamilan, dan faktor lain yang sifatnya internal atau terjadi di dalam tubuh ibu. Benang yang dilingkarkan di perut tidak mampu mempengaruhi rahim atau janin. Jika ingin memengaruhi janin di dalam rahim, diperlukan suatu alat yang mampu memberi tekanan yang lebih besar. Sesuatu yang dililitkan di perut malah bisa mengganggu perkembangan janin, terutama jika lilitannya terlalu kencang/kuat.

Selama berada di dalam rahim, janin akan bergerak secar alamiah ke atas dan ke bawah. Jika tidak mengalami permasalahan seperti hipertensi, preklamsia, atau penyakit lainnya, Anda tidak perlu khawatir posisi janin akan menyebabkan kesulitan dalam persalinan.

Lakukanlah olahraga khusus ibu hamil secara teratur, agar posisi janin di dalam kandungan normal dan persalinan dapat dilakukan dengan lancar.

Currently have 0 comments:


Leave a Reply