Thursday, November 4, 2010

Khasiat Rumput Fatimah Bagi Wanita dan Ibu Hamil

Posted by Bunda Heidar | Thursday, November 4, 2010 | Category: , |

Sore itu suamiku beserta ibu pergi ke rumah mba di daerah Wates mengantarkan ayam jago untuk pembibitan. Ketika suami pulang, ia berkata bahwa mba memberikan oleh-oleh berupa Ketika itu suamiku bertanya, "emang rumput itu fungsinya untuk apa sih?". "untuk membantu meningkatkan kontraksi" jawabku. Nah, ketika itu langsung saja suamiku menyuruhku meminum rumput itu. Katanya sih biar dedek bayinya cepet keluar... (Maklum suamiku sudah tidak sabar ingin menggendong si kecil....). "Eits...enak aja. Harus cari info dulu tentang penggunaannya biar yakin" jawabku.

Yahh memang sih, saya sendiri pernah mendengar tentang khasiat rumput itu. Tapi yang saya baca ada dua versi. Versi pertama, mengatakan bahwa memang rumput Fatimah dipercaya berguna bagi ibu hamil. Rumput ini dapat membantu proses persalinan. Versi yang kedua mengatakan bahwa penggunaan rumput Fatimah ini malah membahayakan bagi ibu dan janinnya.

Ujung-ujungnya, karena info yang saya peroleh masih minim dan simpang siur, saya pun berusaha mencari info lebih lanjut tentang rumput Fatimah ini. Kemarin-kemarin sih saya tidak begitu peduli tentang rumput ini, tapi sekarang, ketika kehamilan saya sudah berusia 38 minggu, saya pun berusaha mencari info seakurat mungkin tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan proses persalinan, termasuk tentang rumput Fatimah.

Rumput Fatimah Rumput Fatimah (Labisa pumila) adalah tumbuhan semak. Orang Barat menyebutnya Mawar Jeriko. Para jamaah biasa membeli rumput fatimah sebagai oleh-oleh dari Tanah Suci. Tanaman ini walaupun kering karena sudah puluhan tahun disimpan, namun kalau direndam dalam air akan mekar kembali.

Berdasarkan kajian tentang obat-obatan tradisional di Malaysia pada tahun 1998, Rumput Fatimah ditemukan mengandung bahan fitokimia, yang dapat membantu menimbulkan kontraksi rahim pada ibu-ibu hamil.

Dan rumput fatimah ini hanya boleh diminum pada saat-saat akan melahirkan, yaitu pada saat pembukaan di atas 6, bukan pada saat pecahnya air ketuban. Dan bila pembukaan belum betul-betul sempurna maka akan berdampak timbulnya kontraksi yang abnormal. Dan ini akan berbahaya bagi ibu yang melahirkan, yaitu akan berdampak robekan pada dinding rahim dan perdarahan hebat yang tak terhentikan. R
umput fatimah hanya menambah kontraksi (mules), tapi tidak membantu terjadinya pembukaan. Kontraksi yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi rumput fatimah ini sangat kuat dan tanpa jeda. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam penggunaannya.

Saran saya sih, jika Anda masih ingin mengkonsumsi rumput Fatimah, leih baik Anda bertanya atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum Anda mengkonsumsi rumput Fatimah. Saya sendiri, merasa takut mencoba dan tidak berniat mengkonsumsi rumput Fatimah yang diberikan mba saya. Saya lebih memilih melakukan induksi alami (berhubungan intim dengan suami), mengkonsumsi kurma dan melakukan olahraga (jalan kaki) rutin, dan berusaha berpikiran positif untuk memperlancar proses persalinan.

Currently have 0 comments:


Leave a Reply